Rabu, 04 November 2009

Guru Komputer

Iyak.....telkomnet instand Rp.9.000 per jam dulu. Sejak 2002 harus ngajar 2 mapel yang berbeda lagi. Matematika dan Komputer. Untuk meningktkan kompetensi sebagai guru Komputer , maka ikutlah aku kursus komputer. Waktu itu jamanya DOS. Masih ingat kan??????? Selain ikut kursus setiap malam harus "begadang" dengan internet mencari ilmu tambahan lewat mbah google dan paman yahoo. Alhamdulillah....akhirnya saya mendapatkan banyak ilmu komputer. Saya yakin dengan mengajar komputer di masa datang pasti mendatangkan hikmah besar. Setiap tahun akhirnya saya harus mengajar matematika kelas 3 dan komputer kelas 3. Wah menyenangkan deh...........sekolah dari desa........tapi siswa - siswinya juara 2 design grafis pada masa itu. Itu kenangan yang menjadikan saya lebih bersemangat untuk belajar komputer lagi lewat mbah google. Pada tahun 2006 akhirnya terpilihlah saya menjadi ketua FORUM Elektro dan TI ( E-ETI) guru - guru SMP Negeri Se kabupaten Lamongan. Dalam perjalanannya prioritas utama adalah menjadikan guru - guru komputer "MELEK" teknologi dan informasi. Maka setiap 2 bulan sekali kami adakah Workshop dengan bahaan software maupun hardware baru dan sekali - kali KTSP. Tahun 2008 FORUM E-TI secara perlahan berubah menjadi MGMP TI SMPN kabupaten Lamongan . Kami "tancapkan" nama MGMPTI ke diknas pendidikan hingga memperoleh block grant, yang kami gunakan untuk workshop Internet dan membuat WEB SITE WWW.MGMPTI.COM sebagai sarana komunikasi guru dengan guru maupun siswa . TAhun 2009 setelah reformasi, ternyata saya masih di percaya untuk mengomandani , menjadi nahkoda, MGMPTI. Dan tahun itu juga nama MGMPTI bergeser ke MGMP TIK SMP Negeri Kab. Lamongan. Dengan Program setiap pertemuan selalu mengadakan Workshop media pembelajarn. Dan di sekolah menjadi ketua pengelola Lab. Komputer, hingga kami buatkan blog untuk sekolah. Wah......tahu nggak telkomnet instan di rumah terpaksa saya "degradasi" sebab gak kuat mbayar satu bulan Rp.350.000,- dan mulai berselancar dengan berbagai operator. Yang penting murah....... Tahun 2008 mulai menjadi Koordinator SSN sampai dengan tahun 2010,dengan adanya dana SSN maka kami mulai berbagi ilmu komputer baik MPP dan Internet, hingga guru2 banyak yang tertarik untuk memiliki laptop. Maka tahun 2010 SSN terakhir saya buatkan HOTSPOT di sekolah sehingga guru2 dapat dengan leluasa menggunakan internet untuk mencari bahan / materi pelajaran ataupun ilmu umum yang lain. Alhamdulillah sampai sekarang HOTSPOT masih berfungsi dengan baik, yang dapat dimanfaatakan oleh anak2, guru dan masyarakat sekitar. Tahun 2010 itu juga merupakan tahun emas bagi karir kami, sederet prestasi dapat kami peroleh. Diantara: 1. Juara 1 blog interaktif guru tingkat kabupaten dalam rangka Hari Jadi Lamongan. 2. Juara 3 tingkat Nasional dalam festival pendidikan 2010 kategori E-Learning blog guru. 3. Juara 2 tingkat Propinsi dalam festival pendidikan 2011 kategori blog interaktif guru. Ah.....sekarang tinggal bagi - bagi ilmu kepada teman2 guru di Lamongan, baik di sekoalh negeri maupun swasta. SEmoga ilmu yang ku miliki dapat bermanfaat bagi orang lain. amin tapi sejak tanggal 27 Juli 2012 saya sudah dilantik jadi kepala sekolah di smpn 1 laren, semoga masih ada kesempatan untuk berbagi ilmu dengan sesama umat. amin
Share

3 komentar:

  1. Suka aja lihat keberhasilan Pak Nurhadi soalnya dah pinter mau kerja keras nimba ilmu he he he mau juga niech ditularin ilmunya... gak boleh pelit loh!

    BalasHapus
  2. Hebat ya baca perjalanan bpk jadi guru Komputer, saya harus belajar dr bapak nich. Sekarang saya ngajar Komputer TK, SMP dan SMA. Background S.Kom. tapi hanya teori yang saya kuasai...

    BalasHapus
  3. Pengalaman yang patut ditiru dan dikembangkan. Internet gudang segala ilmu, menyenangkan dan memacu kreatifitas. Ternyata aku salah sangka, kukira Komputer itu susah, ribet, terlalu banyak istilah dll karena basisku memang bukan TIK. Tapi setelah terjun dan jadi guru TIK...? ternyata luar biasa mudahnya. Yuk...ikuti jejak Bpk Nurhadi.

    BalasHapus

Komentar anda sangat membantu kami dalam mengembangkan dan mengelola blog kami

comment